Rabu, 09 Maret 2016

Mengamati Gerhana Matahari Saat Nyepi di Bali

Mengamati Gerhana Matahari Saat Nyepi di Bali
Jakarta - Bali menjadi salah satu daerah yang dilewati oleh gerhana matahari sebagian. Peristiwa alam ini ternyata bertepatan dengan hari Raya Nyepi bagi umat Hindu yang jatuh pada 9 Maret 2016. Lalu bagaimana cara warga Bali menikmati gerhana?

Bara, salah satu warga berhasil mengabadikan fenomena gerhana matahari di langit Bali dan mengirimkan fotonya ke detikcom. Bara mengambil foto gerhana sekitar pukul 08.00 Wita di Simpang Siur, Jalan Baypass Ngurah Rai.

Bara mengatakan saat perayaan Nyepi, orang-orang dilarang untuk beraktivitas di luar rumah. Semua saluran TV pun mati, suasana begitu sepi.

"Itu saya ngambilnya ngumpet-ngumpet, soalnya kan lagi Nyepi," ucap Bara kepada detikcom, Rabu (9/3/2015).

Suasana jalan di sekitar Patung Dewa Ruci itu sepi, tidak ada kendaraan yang belalu lalang. Para pecalang berpatroli untuk memastikan tidak ada orang yang keluar rumah.

"Daerah situ biasaya ramai, tapi ini nggak ada kendaraan sama sekali," ujarnya.

Foto: Bara/pembaca detikcom


Saat gerhana suasana langit Bali di sekitar Simpang Siur cerah dan panas. Namun gerhana matahari membuat suasana siang yang panas itu menjadi seperti mendung dan sejuk untuk beberapa saat.

"Tidak ada kegelapan total di Bali, hanya sinar matahari yang meredup seperti sore hari saja," katanya.

Selain itu, Bara menyebut ada perilaku ayam yang berubah saat gerhana. Ayam-ayam yang biasanya tenang di siang hari tiba-tiba berkokok saat sang Surya tertutup bulan.

"Jelas terdengar ayam berkokok bersaut-sautan dari kejauhan," ucap Bara.

Bara harus selalu 'waspada' karena berani keluar rumah untuk mengabadikan gerhana. Dia bahkan sempat ditegur oleh Pecalang saat sedang memotret.

"Setidaknya, saya tidak ketinggalan untuk menjadi saksi moment GMT di Bali, sekalipun harus dengan sembunyi-sembunyi. Selalu menoleh kanan-kiri takut ada pecalang yang lewat. Karena tepat setelah menikmati dan mengabadikan puncak GMT, seorang Pecalang memarahi saya karena melakukan aktivitas di luar," katanya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar