Senin, 29 Maret 2010

Makna Shalawat Kepada Nabi Muhammad SAW

Makna Shalawat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam

Shalawat yang ditujukan Allah kepada nabi-Nya maksudnya adalah Allah memuji beliau di hadapan para malaikat-Nya, adapun makna malaikat bershalawat kepada beliau berarti mereka mendo’akan beliau.

Hal tersebut telah dikemukakan oleh Abul ‘Aliyah dalam Shahih Bukhari pada permulaan bab firman Allah,

إِنَّ اللَّهَ وَمَلائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا (٥٦).

Setelah menyebutkan tafsir Abul ‘Aliyah di atas, Bukhari membawa perkataan Ibnu ‘Abbas radliallahu ‘anhu bahwa makna shalawat para malaikat kepada beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah mendo’akan agar beliau mendapatkan karunia dari Allah ta’ala.

Pemaknaan shalawat Allah kepada nabi dengan pemberian ampunan dan rahmat bagi beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam dikutip oleh al Hafidz Ibnu Hajar dalam kitab beliau Fathul Baari dari sekelompok ulama dan beliau mengkritik penafsiran tersebut sembari berkata, “Tafsir yang paling tepat akan hal tersebut adalah apa yang telah dikemukakan oleh Abul ‘Aliyah bahwa yang dimaksud dengan shalawat Allah kepada nabi-Nya adalah Allah memuji dan memuliakan beliau. Sedangkan shalawat para malaikat dan selain mereka kepada beliau r adalah permintaan agar pujian dan kemuliaan dicurahkan kepada beliau, sehingga yang dimaksud adalah mereka meminta agar pujian dan kemuliaan ditambahkan bagi beliau.”[1]

Al Hafidz mengatakan, “Al Halimi mengatakan dalam As Syu’ab: “Makna bershalawat kepada nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah memuliakan beliau. Sehingga arti dari ucapan kita, “Ya Allah, berilah shalawat kepada Muhammad”, adalah muliakanlah Muhammad. Maksudnya adalah muliakanlah beliau di dunia dengan meninggikan gelarnya, memenangkan agamanya, mengekalkan syari’atnya. Adapun kemuliaan di akhirat adalah dengan melimpahkan pahala beliau, memperbanyak jumlah syafa’at yang akan beliau berikan kepada umatnya dan mengistimewakan beliau dengan al Maqam al Mahmud. Berdasarkan hal ini, maka maksud dari firman Allah, صَلُّوا عَلَيْهِ, adalah berdo’alah kepada Rabb kalian agar Dia memuliakan beliau.”[2]

Setelah mementahkan perkataan yang menafsirkan makna shalawat dengan pemberian rahmat dan ampunan kepada nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, al ‘Allamah Ibnul Qayyim berkata dalam kitabnya “Jalaul Afham fish Shalati ‘alaa Khairil Anam”, memaparkan perkataan mengenai makna shalawat Allah dan para malaikat-Nya kepada rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau berkata, “Bahkan shalawat yang diperintahkan dalam surat Al Ahzaab bermakna permohonan kepada Allah agar memuji beliau, menampakkan keutamaan dan kemuliaan beliau, serta menginginkan kedekatan dan kemuliaan sebagaimana yang Allah berikan kepada beliau. Sehingga shalawat tersebut mengandung pemberitaan sekaligus permintaan, dan do’a dan permintaan kita tersebut dikatakan sebagai shalawat kepada beliau ditinjau dari dua sisi,

Pertama, hal tersebut mengandung pujian dari pihak yang bershalawat kepada beliau, sekaligus sanjungan kepada beliau dengan menyebutkan kemuliaan dan keutamaan beliau serta adanya keinginan dan kecintaan agar hal tersebut dicurahkan kepada pihak yang bershalawat. Sehingga shalawat yang dikerjakan mengandung pemberitaan sekaligus permohonan.

Kedua, hal tersebut dikatakan shalawat dari kita dikarenakan permintaan kita kepada Allah agar bershalawat kepada beliau. Sehingga maksud Allah bershalawat kepada beliau adalah menyanjung beliau dengan meninggikan gelar dan derajat beliau di sisi-Nya. Sedangkan maksud kita bershalawat kepada beliau adalah memohon kepada Allah agar melakukan hal tersebut bagi beliau.”[3]

Makna Salam kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam

Adapun makna pemberian salam kepada beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam telah dikemukakan oleh al Majd al Fairuz Abadi dalam kitab beliau “Ash Shalatu wal Busyra fis Shalati ‘alaa Khairil Basyr”. Beliau berkata, “Makna ucapan ‘as salamu[4] ‘alaika’, adalah engkau senantiasa berada dalam kebaikan dan diliputi berbagai karunia serta engkau terbebas dari segala kejelekan dan aib. Yang demikian itu dikarenakan as-salam merupakan nama Allah, dan nama Allah hanya digunakan terhadap sesuatu yang diharapkan segala makna kebaikan dan karunia terkumpul di dalamnya, serta seluruh kekeliruan dan kerusakan terhapus darinya.

Terkadang makna as-salam dinamai dengan as-salamah (keterbebasan), sehingga maknanya, “Agar Allah menetapkan keterbebasan bagimu, yaitu engkau terbebas dari segala celaan dan kekurangan.”

Apabila anda berujar, “Allahumma sallim ‘alaa Muhammad.” Maka yang anda kehendaki dari ucapan tersebut adalah, “Ya Allah, tetapkanlah keterbebasan bagi dakwah Muhammad, umat beliau dan gelar beliau dari segala kekurangan, sehingga dakwah beliau senantiasa berlangsung seiring perjalanan waktu, kuantitas umatnya bertambah dan gelar beliau semakin tinggi.”

InsyaAlloh berlanjut……

Diterjemahkan oleh Abu Umair Al Makassari

Diupload oleh :www.wahonot.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar