Sabtu, 20 Maret 2010

MEMBANTAH TRI TUNGGAL

1. Yesus dengan tegas mengatakan bahwa dirinya bukan Tuhan :
· Yohanes, 20:17 àAku akan pergi kepada Bapaku dan Bapamu, Allahku dan Allahmu.”
· Yohanes, 8:54 àJika aku memuliakan diriku sendiri, maka kemuliaanku itu sedikitpun tidak ada artinya. Bapa/Allah-kulah yang memuliakanku.”
· Matius, 18:19 àPermintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa/Allah-ku di sorga.”
· Markus, 10:18 àMengapa kau katakan aku baik? Tidak ada yang baik selain Allah.”
· Matius 19-17 àHanya Satu yang baik … turutilah perintah Allah.”
· Semua yang tidak mengakui dirinya sebagai Tuhan, ia tidak pantas disebut sebagai Tuhan.
· Karena Tuhan pasti menyebut diri-Nya sebagai Tuhan : Im 19:31 & Yes 43:11.
2. Yesus dengan tegas mengatakan bahwa Allah adalah Tuhan yang Esa/Satu (bukan tiga), yaitu Allah Tuhannya Yesus dan Tuhannya alam semesta :
· Matius, 4:10 àEngkau harus menyembah Tuhan, Allahmu dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti.”
· Matius, 23:8 àHanya satu Rabimu.”
· Markus, 12:29 àTuhan Allah kita, Tuhan itu Esa.”
· Markus, 12:32 àTidak ada yang lain kecuali Dia (Allah).” = Laa Ilaaha Illallah
· Lukas, 10:21 àBapa/Allah, Tuhan langit dan bumi.”
· Yohanes, 5:44 àAllah yang Esa.”
· Yohanes, 17:3 à “Mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar.”
· Semua yang lebih dari satu, tidak pantas disebut sebagai Tuhan karena Tuhan Maha Satu. Laa Ilaaha illallah (Tiada tuhan selain Allah), senada dengan :
ü Allah adalah Tuhan yang Esa/Satu : Ulangan, 4:35
ü Allah adalah Tuhan yang Esa/Satu : Ulangan, 6:4
ü Allah adalah nama Tuhan untuk selama-lamanya (bukan Yesus) : Keluaran, 3:15
ü Laa Ilaah Illallah (Tiada tuhan selain Allah) : Yesaya, 46:9.
3. Yesus berkata bahwa Tuhan/Bapa/Allah ada di sorga (bukan Yesus yang ada di bumi) :
· Matius, 23:9 àJanganlah kamu menyebut siapapun Bapa/Allah di bumi ini, karena hanya satu Bapa/Allah-mu, yaitu Dia yang di sorga.”
· Matius, 6:9 àBapa/Allah kami yang di sorga.”
· Matius, 5:48 àBapa/Allahmu yang di sorga adalah sempurna.”
· Matius, 10:32 àDi depan Bapa/Allah-ku yang di sorga.”
· Matius, 12:50 àBapa/Allah-ku yang di sorga.”
· Matius, 15:13 àBapa/Allah-ku yang di sorga.”
· Matius, 16:17 àBapa/Allah-ku yang di sorga.”
· Yohanes, 6:32-33 àBapa/Allah-Ku yang memberikan kamu roti dari sorga.”
· Matius, 18:10 àBapa/Allah-ku yang di sorga.”
· Matius, 18:19 àBapa/Allah-ku yang di sorga.”
· Matius, 7:21-23 àBapa/Allah-ku yang di sorga.”
· Semua yang ada di bumi adalah ciptaan Allah dan tidak pantas disebut sebagai Tuhan :
ü Kejadian, 1 & 2 àAllah menciptakan langit dan bumi.”
ü Lukas, 10:21 àBapa/Allah, Tuhan langit dan bumi.”
· Tuhan memang tidak dapat dilihat di bumi oleh manusia biasa :
ü Yohanes, 1:18 àTidak seorangpun yang pernah melihat Allah.”
ü 1Timotius, 6:16 àDan memang manusia tidak dapat melihat Dia/Allah.”
ü Kel 19:24 àRakyat tidak boleh menghadap Tuhan, supaya jangan dilanda-Nya.”
ü Kel 20:19 àJanganlah Allah berbicara dengan kami, nanti kami mati.”
ü Kel 33:20-23 àTidak ada orang yang memandang Aku dapat hidup.”
4. Yesus mengatakan bahwa dirinya hanya seorang Rasul/Nabi/utusan Tuhan/pemimpin :
· Yohanes, 12:49 àBapa/Allah yang mengutus aku.” = Rasul Allah.
· Matius, 15:24-26 àAku diutus hanya kepada … umat Israel .” = Rasul Allah.
· Yohanes, 17:3 àYesus yang telah Engkau (Allah) utus.” = Rasul Allah.
· Matius, 10:40 àDia/Allah yang mengutus aku.” = Rasul Allah.
· Matius, 23:10 àHanya satu pemimpinmu yaitu Mesias.” = hanya Pemimpin umat.
· Markus, 6:4-6a àYesus berkata bahwa dirinya hanya seorang Nabi.” = Nabi Allah.
· Lukas, 4:18 àDia/Allah yang telah mengutus aku.” = Rasul Allah.
· Lukas, 4:24 àYesus berkata bahwa dirinya hanya seorang Nabi.” = Nabi Allah.
· Lukas, 4:43 àUntuk itulah aku diutus.” = Rasul Allah.
· Lukas, 7:16 àYesus membenarkan orang yang mengatakan dirinya hanya Nabi.”
· Lukas, 7:39 àYesus diam saja, ketika orang menyebut dirinya hanya seorang Nabi.”
· Lukas, 9:48 àDia/Allah yang mengutus aku.” = Rasul Allah.
· Lukas, 10:16 àDia/Allah yang mengutus aku.” = Rasul Allah.
· Yohanes, 4:34 àDia/Allah yang mengutus aku.” = Rasul Allah.
· Yohanes, 4:44 àYesus bersaksi bahwa dirinya hanya seorang Nabi.” = Nabi Allah.
· Yohanes, 4:19 àYesus membenarkan wanita yang menyebut dirinya hanya Nabi.”
· Yohanes, 6:38 àDia/Allah yang telah mengutus aku.” = Rasul Allah.
· Yohanes, 6:39 àDia/Allah yang telah mengutus aku.” = Rasul Allah.
· Yohanes, 6:57 àBapa/Allah mengutus aku.” = Rasul Allah.
· Yohanes, 7:16 àDia/Allah yang telah mengutus aku.” = Rasul Allah.
· Yohanes, 7:33 àDia/Allah yang telah mengutus aku.” = Rasul Allah.
· Yohanes, 8:29 àDia/Allah yang telah mengutus aku.” = Rasul Allah.
· Yohanes, 8:18 àBapa/Allah yang mengutus aku.” = Rasul Allah.
· Yohanes, 9:4 àDia/Allah yang mengutus aku.” = Rasul Allah.
· Yohanes, 11:42 àEngkaulah (Allah) yang mengutus aku.” = Rasul Allah.
· Yohanes, 17 :6-9 àEngkaulah (Allah) yang telah mengutus aku.” = Rasul Allah.
· Semua yang diutus Tuhan adalah hamba Tuhan : Mat 12:17 & Kis 4:27.
· Hamba Tuhan tidak pantas disebut sebagai Tuhan: Mat 19:17 & Luk 18:18 & Mark 10:18.
5. Yesus dengan tegas mengatakan bahwa dirinya lemah dan tidak punya kuasa/kehendak setitikpun, melainkan hanya Allah yang berkehendak (Insya Allah) :
· Yoh 8:42 àAku datang bukan atas kehendakku … tapi Dialah yang mengutus aku.”
· Yoh 8:16 àPenghakimanku benar … sebab aku bersama Dia yang mengutus aku.”
· Yoh 5:30 àAku tidak dapat berbuat apa-apa dari diriku sendiri … sebab aku tidak menuruti kehendakku sendiri, melainkan kehendak Dia yang mengutus aku.”
· Mat 20:23 àAku tidak berhak memberikannya … (tapi) Bapaku yang menyediakannya.”
· Luk 11:20 àAku mengusir setan dengan kuasa Allah.”
· Luk 22:42 àBukanlah kehendakku, melainkan kehendak-Mulah (Allah) yang terjadi.”
· Yoh 5:19 àAnak (Yesus) tidak dapat mengerjakan sesuatu dari dirinya sendiri.”
· Yoh 5:36 àPekerjaan yang diserahkan Bapa kepadaku, supaya aku melaksanakannya.”
· Yoh 6:38 àAku … melakukan kehendak Dia yang telah mengutus aku.”
· Yoh 6:39 à “Inilah kehendak Dia yang telah mengutus aku.”
· Yoh 7:16 àAjaranku tidak berasal dari diriku, tapi dari Dia yang mengutus aku.”
· Yoh 7:28-29 àAku datang bukan atas kehendakku, tapi aku diutus oleh Dia/Allah.”
· Yoh 7:28-29 àAku datang dari Dia, dan Dialah yang telah mengutus aku.”
· Mark 1:13 à “40 hari lamanya dicobai oleh iblis.” Artinya Yesus bukan Tuhan.
· Kis 10:40 àDan Allah berkenan (menghendaki), Yesus (untuk) menampakkan diri.”
· Kis 10:38 àAllah mengurapi dia (Yesus) dengan Roh Kudus dan kuasa-Nya.”
· Semua yang tidak punya kuasa, tidak pantas disebut sebagai Tuhan : Mat 19:17 & Luk 18:18 & Mark 10:18 & Mat 12:17 & Kis 4:27.
· Karena Tuhan Maha Berkuasa : Kej 1 & 2 – Yes 44:24 – Yes 46:9 – Yes 45:18.
6. Yesus dengan tegas bahwa dirinya tidak mengetahui hari kiamat :
· Markus 13:32 àTentang hari dan saat itu (hari kiamat) tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan anak (Yesus)pun tidak, hanya Bapa saja.”
· Mat 24:36 àTentang hari dan saat itu (hari kiamat) tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan anak (Yesus)pun tidak, hanya Bapa sendiri.”
· Semua yang tidak mengetahui hari kiamat, tidak pantas disebut sebagai Tuhan : Mat 19:17 & Luk 18:18 & Mark 10:18 & Mat 12:17 & Kis 4:27.
· Karena Tuhan Maha Tahu segala yang telah terjadi dan yang akan terjadi :
ü Yes 46:10 àAkulah Allah, dan tidak ada yang lain seperti Aku, yang memberitahukan dari mulanya hal yang kemudian.”
7. Yesus tidak mengetahui musim buah :
· Markus 11:13 àTapi waktu ia tiba di situ, ia (Yesus) tidak mendapati apa-apa selain daun-daun saja, sebab memang bukan musim buah ara.”
· Matius, 21:19 àDari jauh ia melihat pohon ara, lalu pergi ke situ, tapi ia tidak mendapati apa-apa … selain daun saja.”
· Semua yang tidak mengetahui musim buah, tidak pantas disebut sebagai Tuhan : Mat 19:17 & Luk 18:18 & Mark 10:18 & Mat 12:17 & Kis 4:27.
· Karena Tuhan Maha Mengetahui segala-galanya : Yes 46:10 àAkulah Allah, dan tidak ada yang lain seperti Aku, yang memberitahukan dari mulanya hal yang kemudian.”
8. Yesus selama hidupnya selalu berdo’a kepada Tuhan (bukan kepada dirinya sendiri) :
· Mat 14:19 àYesus menengadah ke langit dan mengucap berkat.”
· Mat 14:23 àYesus naik ke atas bukit untuk berdo’a.”
· Mat 26:36 àAku (Yesus) pergi ke sana untuk berdo’a.”
· Mat 26:42 àIa (Yesus) pergi kedua kalinya untuk berdo’a.”
· Mat 27:46 àYesus berdo’a : Allahku, Allahku mengapa Engkau meninggalkan aku?.”
· Mark 14:36 àYesus berdo’a : Ya Bapa, tidak ada yang mustahil bagi-Mu.”
· Mark 15:34 àYesus berdo’a : Allahku, Allahku mengapa Engkau meninggalkan aku?.”
· Luk 6:12 àPergilah Yesus ke bukit untuk berdo’a.”
· Luk 9:28 àYesus naik ke atas gunung, untuk berdo’a.”
· Luk 22:41-42 àIa (Yesus) berlutut dan berdo’a.”
· Luk 11:1 àYesus sedang berdo’a di salah satu tempat.”
· Semua yang berdo’a/memohon kepada Tuhan, tidak pantas disebut sebagai Tuhan.
· Karena Tuhanlah yang Maha Menciptakan dan Maha Memiliki alam semesta : Kej 1 & 2 – Yes 44:24 – Yes 46:9 – Yes 45:18 & 24.
9. Yesus selama hidupnya bersyukur kepada Tuhan (bukan kepada dirinya sendiri) :
· Luk 10:21 àAku (Yesus) bersyukur kepada-Mu Bapa, Tuhan langit dan bumi.”
· Mat 11:25 àAku (Yesus) bersyukur kepada-Mu Bapa, Tuhan langit dan bumi.”
· Mat 16:17 àBerbahagialah/bersyukurlah engkau … karena yang menyatakan itu, Bapa/Allah ku yang di sorga.”
· Yoh 11:41 àBapa, aku (Yesus) mengucap syukur kepada-Mu.”
· Semua yang bersyukur/berterima kasih kepada Tuhan, tidak pantas disebut sebagai Tuhan.
· Karena Tuhanlah yang Maha Memiliki alam semesta beserta isinya : Kej 1 & 2 – Yes 44:24 – Yes 46:9 – Yes 45:18.
10. Yesus melarang dan mengutuk orang-orang yang berkata bahwa Yesus adalah Tuhan :
· Matius, 23:9 àJanganlah kamu menyebut siapapun Bapa/Allah di bumi ini, karena hanya satu Bapa/Allah-mu, yaitu Dia yang di sorga.”
· Mat 7:21 àBukan setiap orang yang berseru kepadaku Tuhan, Tuhan! Akan masuk ke dalam kerajaan sorga. Melainkan dia yang melakukan kehendak Bapaku di sorga.”
· Mat 7:22-23 àPada hari terakhir (akhir zaman) banyak orang yang berseru kepadaku Tuhan, Tuhan! … Pada waktu itulah aku berterus terang kepada mereka : aku (Yesus) tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dariku, kamu sekalian pembuat kejahatan.”
· Mark 10:18 àMengapa kau katakan aku (Yesus) baik? Tidak ada seorangpun yang baik selain dari pada Allah saja.”
· Luk 18:18 àMengapa kau katakan aku (Yesus) baik? Tidak ada seorangpun yang baik selain dari pada Allah saja.”
· Mat 19:17 àHanya Satu yang baik … turutilah segala perintah Allah.”
· Luk 13:26-28 àEnyahlah dari hadapanku, hai kamu sekalian yang melakukan kejahatan” yaitu orang yang menyebut Yesus sebagai Tuhan : Mat 7:22-23.
· Yang melarang dan mengutuk bukan Ropi (penulis buku ini) …, tapi Yesus sendiri.
· Allah Maha Satu dan tidak ada yang seperti Allah (Laa Ilaaha Illallah) : Yes 46:9.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar