Senin, 24 Maret 2014

Bagaimana Mengatasi Bekas Tumpahan dan Noda pada Peralatan Elektronik


Menangani tumpahan pada peralatan elektronik secara benar akan bisa menyelamatkannya dari menjadi sampah. Baca disini untuk mengetahui tips yang sangat berguna.
Cara mengatasi tumpahan air di peralatan elektronik
Jika Anda secara tidak sengaja menumpahkan sesuatu pada laptop, PC atausmartphone, Anda harus cepat menanganinya! Cairan dapat menyalurkan listrik dan bisa merusak papan sirkuit dan chip prosesor, dan akan benar-benar merusak peralatan elektronik Anda. Anda harus cepat bertindak untuk menghindari kerusakan permanen. Silahkan mengikuti saran di bawah ini:

Yang Anda Butuhkan:

  • Kain mikrofiber
  • Beras kering atau silica gel
  • Air suling
  • Obeng atau alat untuk membongkar
  • Pembersih sirkuit elektronik (tersedia di toko elektronik)

Secepatnya:

  1. Jika barang tersebut berdiri sendiri – seperti laptop atau telepon – matikan dahulu dan lepaskan baterainya, sambungan listrik dan perangkat lainnya. Hal ini diharapkan dapat mencegah tumpahan cairan menyebabkan hubungan arus pendek dari sesuatu yang penting. 
  2. Balik peralatan dan goyangkan secara perlahan. Ini akan membuat sebagian besar cairan untuk turun/keluar. 
  3. Jika kebetulan Anda memilikinya, gunakan alat yang tepat untuk untuk membongkar perangkat, pisahkan komponen yang basah dengan yang kering. 
  4. Letakkan komponen yang basah di dalam semangkuk beras kering atau letakkan satu pak silica gel di atasnya. Ini akan membantu menyerap kelembaban. Untuk smartphone atau produk yang sulit untuk di bongkar, letakkan seluruh produk di dalam mangkuk berisi beras kering atau silica gel. 
  5. Saat Anda yakin semua komponen sudah kering, sekalah secara perlahan dengan menggunakan kain mikrofiber dan berikan sedikit pembersih khusus untuk sirkuit elektronik. Ini akan menghilangkan noda dan tidak merusak komponen.  Atau bisa gunakan air suling, tapi jangan gunakan apa-apa lagi pada bagian dalam. 
  6. Saat semua sudah benar-benar kering dan bersih, rakitlah kembali. 
Keseluruhan proses mungkin akan makan waktu dua hari, terutama untuk tumpahan yang parah. Namun, ini pantas dicoba untuk menyelamatkan peralatan mahal dari terbuang percuma. Tumpahan di atas permukaan bisa di seka dengan menggunakan kain mikro fiber yang dibasahi sedikit dengan air suling dan biarkan mengering sendiri. 

Peringatan:

  • Jika ragu-ragu, carilah tenaga professional. 
  • Anda harus menyadari bahwa kemungkinan Anda akan membuat garansi tidak berlaku lagi jika membongkar peralatan elektronik sendiri. 
  • Jangan pernah membongkar peralatan elektronik saat terkoneksi dengan listrik. 
  • Jangan gunakan pengering rambut atau peralatan lain untuk mempercepat proses pengeringan. Ini bisa mengakibatkan komponen menjadi rusak dan melengkung serta berpotensi menjadi sangat berbahaya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar