Senin, 24 Maret 2014

Cara Membersihkan Logam Kuningan dan Tembaga

Ingin tahu cara membersihkan kuningan? Atau Anda ingin memoles benda berbahan kuningan atau tembaga? Artikel ini berisi cara membersihkan tembaga dan kuningan. Baca di sini untuk info lebih lanjut!
Cara membersihkan Kuningan dan Tembaga |  Membersihkan Tembaga
Anda mungkin memiliki beberapa benda berbahan kuningan atau tembaga di rumah Anda – segala sesuatu dimulai dari pot hingga gelas pajangan, perhiasan hingga ikat pinggang, dan koin hingga tempat lilin. Bagaimana Anda membersihkan dan memoles benda-benda logam tersebut?
Anda dapat menemukan produk khusus pembersih logam yang dapat membersihkan tembaga, kuningan, dan timah – bacalah label yang tertera pada produk milik Anda untuk menemukan cara terbaik untuk digunakan. Ingatlah bahwa Anda harus berhati-hati disaat membersihkan barang berharga atau barang antik – mungkin akan lebih nyaman jika Anda bertanya pada ahlinya untuk mendapatkan saran dalam membersihkan kuningan dan tembaga. Anda juga dapat membersihkan logam ini menggunakan produk pembersih lainnya, namun selalu ingat untuk mencobanya pada bagian kecil dan tidak mencolok terlebih dahulu.
Berikut adalah panduan praktis dalam membersihkan kuningan dan tembaga di rumah.
Membersihkan Tembaga

Cara Membersihkan Tembaga

Barang yang terbuat dari tembaga memang awet dan tampak mewah, dan tembaga tidak hanya digunakan untuk keperluan rumah tangga namun juga untuk dekorasi. Peralatan masak berbahan tembaga memiliki konduktivitas termal yang baik, yang membuat Anda dapat memanaskan makanan dengan cepat dan efisien, dan perhiasan tembaga juga tampak elegan.
Walau begitu, tembaga dapat memudar seiring berjalannya waktu. Jangan khawatir – Anda dapat mengembalikan kilau tembaga sendiri di rumah! Berikut beberapa tips dalam membersihkan tembaga:
  • Ada produk pembersih tembaga komersil yang tersedia di toko-toko – Dengan menggunakan ini, pastikan Anda mengikuti panduan yang tertera pada label produk.
  • Anda juga dapat menggunakan jeruk lemon dan garam untuk membersihkan benda berbahan tembaga. Anda hanya perlu menaburi garam (sebaiknya garam laut atau garam mentah) pada setengah potong jeruk lemon, lalu gunakan jeruk lemon tersebut untuk menggosok permukaan tembaga. Walaupun jari Anda mungkin akan sedikit lengket terkena cairan jeruk tersebut, tembaga Anda akan menjadi berkilau! Bilas dengan air hangat dan keringkan dengan kain lembut.
  • Untuk membuat benda menjadi bercahaya, usaplah dengan campuran tepung, garam mentah dan cuka, kemudian poles dengan kain lembut.
  • Disarankan bagi Anda untuk memoles benda dengan koran yang telah diremukkan hingga membentuk bola kecil – cara lama orang tua kita dalam membersihkan jendela. 
  • Tips terakhir dalam membersihkan tembaga adalah dengan saus tomat. Cuka dalam saus tomat dapat membantu membersihkan tembaga. Gunakan lapisan saus yang agak tebal pada benda dan biarkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air.

Cara Membersihkan Kuningan

Kuningan terbuat dari tembaga dan seng, dan dipakai untuk membuat berbagai macam benda – dimulai dari gagang pintu hingga alat musik!
Berikut informasi tentang cara membersihkan logam kuningan:
  • Pertama, cobalah mencuci kuningan dengan cairan pembersih atau air hangat. Jangan digosok terlalu keras karena dapat menggores permukaan kuningan.
  • Seperti tembaga, kuningan akan bereaksi seperti pada saus tomat! Gunakan saus tomat pada kuningan lalu bilas setelah dibiarkan selama paling sedikit satu jam – Anda akan melihat suatu perubahan.
  • Anda juga dapat membersihkan kuningan menggunakan metode jeruk lemon dan garam seperti yang telah dipaparkan di atas.
  • Jangan menggunakan produk yang kasar atau kesat saat membersihkan kuningan, karena dapat merusak permukaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar