Senin, 24 Maret 2014

Cara Membersihkan Laptop dan Peralatan Elektronik Lainnya


Komputer atau smartphone Anda kotor? Membersihkan peralatan elektronik mudah jika tahu caranya. Baca untuk info cara membersihkan smartphone, keyboard, mouse dan layar.
Cara membersihkan komputer Anda
Saat Anda membersihkan rumah, cobalah sejenak pikirkan bagian mana yang belum Anda gosok. Sungguh mengejutkan ternyata banyak dari kita yang menolak untuk menangani bagian yang paling berdebu di rumah: peralatan elektronik. Karena peralatan tersebut selalu bersentuhan dengan tangan kita – dan karena peralatan tersebut cenderung memiliki celah kecil yang lembap dan debu dapat dengan mudah terperangkap disitu – keyboard komputer, telepon, dan perangkat lain biasanya dipadati oleh bakteri dan hal lain yang tidak menyenangkan. Tetapi karena peralatan ini sangat sensitif, sehingga membutuhkan perawatan dan perhatian yang khusus pada saat membersihkannya. Berikut ini beberapa tips untuk membersihkan laptop dan peralatan elektronik Anda.

Cara Membersihkan Layar Laptop Anda

Layar laptop dan notebook kebanyakan berupa LCD, bukan kaca seperti layar monitor jaman dulu, jadi dibutuhkan perhatian lebih. Toko komputer biasanya menyediakan pembersih layar, dan beberapa orang kadang menggunakan sedikit air untuk membersihkan layarnya. 
Hal terbaik adalah hanya dengan menggunakan kain yang polos, bersih, kering, dan bebas serat. Kain mikrofiber adalah pilihan yang terbaik untuk tugas ini. Jenis kain yang Anda gunakan penting, karena bahan lainnya seperti kertas handuk atau kain bekas, bisa menggores layarnya. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan pembersih layar seperti air atau cairan pembersih lainnya, selalu gunakan dalam jumlah sedikit dan terapkan pada kain, jangan semprot
Membersihkan keyboard agak sedikit lebih rumit, tapi karena banyak dari kita yang cenderung makan makanan ringan di depan laptop, banyak kotoran yang akhirnya terselip diantara tombol. Banyaknya kotoran di keyboard Anda membuat tombol jadi lengket dan bisa menimbulkan masalah, jadi sebaiknya:
  • Balik keyboard dan biarkan debu dan kotoran berjatuhan. 
  • Gunakan sekaleng semprotan udara terkompresi (compressed air), untuk menangani kotoran yang membandel yang tidak mau keluar, tiup keluar dengan menggunakan semprotan udara tersebut, sehingga tidak masuk lebih dalam. 
  • Sekarang buatlah keyboard Anda makin higienis: seka dengan menggunakan sedikit alkohol pada keyboard dan sekitar tombol dengan menggunakan kapas bertangkai dan biarkan untuk mengering secara natural. 
Jika Anda menggunakan trackpad, cara terbaik untuk membuatnya bersih dan higienis adalah dengan menggosokan alkohol sesuai cara di atas. Kuman mematikan bisa di pindahkan ke komputer dari tangan yang kotor. Jika anda menggunakan mouse, Anda mungkin bisa menggunakan pendekatan yang berbeda, pendekatan ini tergantung dari apakah Anda menggunakan mouseyang mekanik atau optikal.
Untuk mouse mekanik model lama:
  • Pindahkan bola yang ada di dalamnya, cuci dengan air bersih dan biarkan kering. 
  • Bersihkan debu dan kotoran dari rumah bola.
  • Gunakan alkohol atau pembersih serba guna pada kain untuk membersihkan bingkai mouse. 
Membersihkan mouse optikal jauh lebih mudah:
  • Bersihkan bingkai dengan cara yang sama, tapi pastikan tidak ada debu dan kotoran yang menumpuk pada daerah sinar lasernya. 
Cara membersihkan peralatan elektronik Anda

Membersihkan TV Anda

Saat ini kebanyakan orang memiliki TV plasma atau layar LCD TV, jadi Anda harus membaca bagian membersihkan layar laptop untuk saran membersihkan layar LCD TV.
Layar TV yang terbuat dari kaca bisa dibersihkan dengan pembersih kaca biasa. Pastikan saja produk yang Anda beli bebas alkohol dan amonia, karena ini bisa merusak lapisan layar. Pembersih kaca bagus untuk menangani bekas tangan yang berminyak tapi jika Anda hanya mengerjakan pembersihan rutin, cukup gunakan kain tidak berserat untuk menghilangkan debu dan kotoran.

Membersihkan Smartphone atau Tablet Anda

  • Smartphone mudah dibersihkan dan jika dioperasikan dengan sentuhan, Anda dapat menggunakan pembersih LCD – lihat artikel ini di bagian membersihkan layar untuk informasi lebih lanjut. 
  • Jangan lupa untuk mematikan telepon atau tablet Anda sebelum dibersihkan. 
  • Smartphone dan tablet bisa dibersihkan dengan cara menggosok secara menyeluruh daripada layar komputer, karena didisain untuk menerima tekanan.
  • Namun Anda harus memberikan perhatian special pada bagian mikrofon telepon, karena ini bagian yang kotor (karena sering kontak dengan mulut manusia). Bersihkanlah sekali atau dua kali seminggu dengan tisu anti bakteri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar