Kamis, 24 Desember 2009

Natal Paganisme dan Konspirasi

Natal atau Christmas dalam bahasa inggris adalah hari kelahiran Isa Almasih atau Tuhan Yesus Kristus,Putra Allah dan Juru Selamat bagi orang orang yang memeluk iman Kristen.

Natal di peringati setiap tanggal 25 desember,dan setiap orang yang menganut iman kristen baik kristen protestan dan kristen katolik maupun kristen lainnya (baca : aliran kristen lainnya),akan merayakan kelahiran sang juru selamatnya pada tanggal 25 desember ini.

Tetapi peringatan kelahiran Tuhan Yesus yang diperingati seluruh dunia pada tanggal 25 desember ini pun tidak lepas dari segala kontroversi yang ada.

Pembahasan pokok saya berkutat pada Natal, Paganisme dan Konspirasi.

Apa hubungan dari Natal,Paganisme dan Konspirasi.

1.Natal atau dalam bahasa latin Natus yang berarti kelahiran,natal yang saya maksud di sini adalah natal hari kelahiran Isa Almasih.Natal atau biasa kita sebut christmas dalam bahasa inggris diperingati setiap tanggal 25 desember bagi umat kristiani di manapun.

2.Paganisme adalah sebuah kepercayaan/praktek spiritual penyembahan terhadap berhala yang pengikutnya disebut Pagan

Ada 1 pertanyaan besar pagi peminat konspirasi dan sudah sering kali di pertanyakan :
Apakah benar Tuhan Yesus lahir di bulan desember?

mengapa sampai ada pendapat seperti itu??

Pendapat bahwa Tuhan Yesus di lahirkan pada tanggal 25 desember itu pun sampai sekarang tidak bisa di buktikan tentang validitas nya..

Alkitab sebagai pegangan umat kristiani pun tidak menyebutkan bahwa Yesus d lahirkan pada bulan desember.

Lalu mengapa kita merayakan Natal pada 25 desember?

Dalam kenyataanya dunia kristen modern ini di pengaruhi oleh agama paganisme.Berbagai macam simbol perlambangan dari agama paganisme muncul di dalam agama kristen.

Gereja tidak pernah merayakan hari kelahiran Tuhan Yesus sampai abad ke 4.

Mulai dari tahun 257,kaisar aurelian merayakan "hari Matahari yang tidak terkalahkan" pada tanggal 25 desember.Di Gereja Timur, tanggal 6 Januari, sebuah hari yang juga diasosiasikan dengan winter solstice, yang awalnya dipilih. Namun kemudian, Gereja Barat menambahkan Eastern date sebagai perayaan Epiphany, dan Gereja Timur menambahkan penanggalan Natal Gereja Barat.

Lalu apa sebabnya gereja memutuskan hari kelahiran Yesus jatuh pada tanggal 25 Desember?

Ada masyarakat India yang merayakan dengan cara mendekorasi rumah-rumah mereka dengan karangan bunga, dan memberikan hadiah-hadiah kepada teman-teman mereka pada tanggal 25 Desember ini.

Masyarakat Cina juga merayakan 25 Desember dan menutup toko-toko mereka.

Dewa pagan Buddha dipercaya lahir pada 25 Desember ketika ‘Roh Kudus’ turun pada ibunya yang masih perawan bernama Maya.

Kristus atau mesias terbesar dan tuhan orang-orang Persia, yaitu Mithras, juga dipercaya lahir pada tanggal 25 Desember jauh sebelum kedatangan Yesus.

Orang-orang Mesir merayakan hari ini sebagai kelahiran kristus terbesar mereka bernama Horus, tuhannya cahaya dan anak dari ‘Ibu perawan’ dan ‘ratu surga’, Isis.

Osiris, tuhan kematian dan bawah dunia di Mesir, anak ‘perawan suci’, juga dipercaya lahir pada tanggal 25 Desember.

Orang-orang Yunani merayakan 25 Desember sebagai hari kelahiran Hercules, putra dewa tertinggi Yunani yaitu Zeus, yang lahir dari rahim perempuan biasa bernama Alcmene.

Bacchus, tuhan anggur dan pesta diantara orang-orang Roma (juga dikenal oleh orang-orang pagan Yunani dengan nama Dionysus) juga terlahir pada tanggal 25 Desember.

Adonis, yang dipuja oleh orang-orang pagan Yunani sebagai dewa ‘kematian dan kebangkitan’, terlahir tanggal 25 Desember.

Para penyembahnya menyembahnya dalam suatu perayaan tahunan yang mencerminkan saat-saat kematian Adonis dan kebangkitan Adonis dari kematian, di tengah musim panas. Perayaan hari kelahiran ini direkam dan mengambil tempat di gua (cave) yang sama di Bethlehem yang juga diklaim oleh orang-orang Kristen sebagai tempat kelahiran Yesus.

Orang-orang Skandinavia merayakan 25 Desember sebagai hari kelahiran tuhan Freyr, anak tuhan tertinggi bernama Odin.

Orang-orang Romawi merayakan tanggal 25 Desember sebagai hari kelahiran dewa matahari, Natalis Solis Invicti (‘Kelahiran Sol Yang Tak Terkalahkan’).

Pada tanggal 25 Desember, orang-orang Romawi merayakan dan menutup semua toko-toko mereka.

Ada permainan dan para budak disenangkan hatinya di hari agung ini. Ingatlah bahwa orang-orang Romawi inilah yang kemudian hari memimpin konsili Nicea (325 M) yang memimpin untuk mengakui doktrin resmi agama Kristen yaitu ‘Trinitas’ sebagai konsep Tuhan yang benar, dan adalah fakta juga bahwa orang-orang pagan Romawi inilah yang kemudian menetapkan hari kelahiran Yesus jatuh pada tanggal 25 Desember juga.

Kaisar pagan Konstantin Yang Agung, yang memimpin konsili Nicea dianggap sebagai perwujudan atau inkarnasi dari dewa tertinggi Romawi yaitu Dewa Matahari.

Kaisar Konstantin Yang agung adalah seorang pagan seumur hidupnya,tetapi dia menghadapi dilema dalam perjalanan kekaisarannya.3,5 abad setelah Yesus di salib,pengikut kristen tumbuh berlipat lipat dan sejalan dengan itu pula penganut kristen dan pagan saling bunuh.Melihat kejatuhan kerajaannya sudah di depan mata,Konstantin Yang Agung memerintahkan untuk menyatukan kerajaanya dalam satu agama yaitu kristiani.

kalau mau di lanjutkan lebih jauh akan lebih menyinggung ke paganisme..
fokus di sini adalah pada arti natal itu sendiri..


25 desember sudah di rayakan oleh agama kuno jauh sebelum kekristenan itu lahir.
Agama pagan merayakan hari matahari pada tanggal 25 desember.

Kaisar Konstantin Yang Agung,menggabungkan 2 aliran kepercayaan Kristen dan Pagan di dalam satu agama yaitu Kristen saja untuk menghindari perpecahan di kekaisarannya (seperti yang sudah saya jelaskan di atas).

Bagaimana cara Konstantin menarik minat para penganut pagan ke dalam ke kristenan?

Dengan cara banyak memasukkan unsur unsur paganisme ke dalam ke kristenan itu sendiri.Untuk pembahasan tentang unsur unsur itu mungkin tidak sepantasnya saya masukkan ke sini.

Demikian pembahasan dari saya..

mungkin g repost karena di ambil dari brbagai sumber termasuk penjelasan dosen kuliah saya.

kalo ada yang pake sara2 nan tanpa menilai secara objektif ane sambit BATA beneran koq..

thanks~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar